Mengabdi kepada Masyarakat Part1



22 derajat yang cukup menusuk jari. *karena yang menggigil cuma jari.
hehe, halo balik lagi sama ina..
jadi ina mau cerita tentang beberapa pengalaman keren yang pernah ina alami 2 tahun belakangan ini. 
akhir-akhir ini ina aktif banget dikegiatan pengabdian masyarakat atau bisa dibilang volunteer service baik dalam negri maupun luar negri. dan semua itu berawal dari keisengan ina nge apply di sebuah organisasi internal kampus dimana pada saat itu lagi oprec (open recruitment).
sebenernya dari dulu kepingin banget ikut organisasi yang membangun diri a.k.a bervaluable lah kaya Telkom Mengajar atau Juga SEHATI (salah satu organisasi yang sejenin pengmas juga cuma punya himpunan). 
tapi entah gimana selalu aja bentrok sama jadwal siaran radio atau juga bentrok sama lab. 
nah kebetulan banget si kegiatan ESC (Engineering Service Community) diadain pas summer holiday hehe jadi emang pas lagi ga terlalu sibuk. kebetulan ina ikut event tahun 2015. ini dia ceritanya.

waktu itu tempat yang kita tuju itu namanya "CIPATUJAH" salah satu daerah di sekitaran kabupaten Tasikmalaya, wilayah2 pantai gitu jadi agak2 panas wkwk. 
ini ada sedikit sneak and peak dari cipatujah. 
PS: itu ada muka ijon kebetulan dia panitia waktu itu.

nah di situ petualangan kita di mulai haha,
jadi ina dan tim di tempatin di sebuah SD gitu, di sekolah itu cuma punya 3 ruang kelas dengan jumlah 5 pengajar *dikit banget*. 
inget banget waktu itu si adek2 nya bilang kalau mereka ga punya lemari buat nyimpen buku2 dan fas bunga. huhu jadi pas di croscek ternyata bener ga ada lemarinya.
disitulah kekuatan mekanik ina jeng jeng jeng keluar..
mulai lah membuat desain dan alhamdulillah di acc sama para project manager.
kita di beri waktu kurang lebih 4 hari untuk membuat si lemari tersebut dari nol. yak sodara2 dari nol, jadi kita harus cari kayunya olah kayu, maku, amplas sampe nge plitur si lemari tersebut sampe jadi.
ini dia penampakannya. 
 penampakan sketsa awal kasar si produk ina dan tim.. hehehehehe
disitu kita dikasih dana kurang lebih 1 juta untuk belanja semua kebutuhan dan ini dia barang2 nya 

baru deh kita coba tuh buat nempelin si bongkahan2 kayu sampe menjadi lembaran2 papan terus di plitur *di beri warna tp masih warna natural si kayu itu.
niatnya di kasih plitur sama dempul buat ngasih kesan kuat buat si produk tp tetap terlihat natural dan tekstur si kayu terus menonjol.
(gambar punggung ina dan ada galuh disitu)
karena prosesnya sangat lama dan melelahkan, jadi langsung aja ya hehe. setelah semua tenaga ina, ka biyan galuh, nabil dan pak nur terkuras barulah disitu terlahir produk indah kami yang bernama multifunctional book shelf,
alhamdulillahnya, apresiasi dari para guru serta pelajar sd disitu pada bagus..
wah ina masih belum nemu photo2 lainnya. nnt coba ina update deh ya. 
hehehe
dari event ESC 2015 mengantarkan ina ke jenjang yang lebih tinggi lagi, alhamdulillah lolos untuk ikut kegiatan internasionalnya.. jadi bisa di bilang kalau si ESC itu semacam magang nya . hehe
nah untuk kegiatan internasionalnya disebut ESL (Engineering Service Learning) yang diadain langsung oleh Pusan National University Korea. sebutan lain ESL adalah Creativity station. 
di acara itu juga ada seminar international yang bertemakan engineering. 
untuk cerita ESL bakal ina update minggu depan ya. 
terimakasih semua~~

Komentar

Postingan Populer